Resep Dendeng Balado: Kelezatan Daging Asin yang Menggoda Selera



Dendeng balado adalah salah satu hidangan khas Minangkabau yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang diasinkan dan digoreng hingga kering, kemudian disajikan dengan balado pedas yang menggugah selera. Dengan rasa gurih, pedas, dan sedikit manis, dendeng balado menjadi favorit banyak orang sebagai lauk pendamping nasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep dan cara pembuatan dendeng balado yang lezat dan menggoda selera.


Bahan-bahan:

- 500 gram daging sapi has dalam, iris tipis

- 3 sendok makan air asam jawa

- Minyak goreng secukupnya

- Garam secukupnya


Bumbu Balado:

- 10 buah cabai merah besar

- 5 buah cabai rawit (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)

- 6 siung bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya

- 2 sendok makan air asam jawa

- 1 sendok teh gula pasir

- Garam secukupnya


Cara Pembuatan:

1. Rendam irisan daging sapi dalam air asam jawa selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, tiriskan daging dan peras dengan menggunakan tangan untuk menghilangkan kelebihan air.

2. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian goreng irisan daging sapi dalam minyak panas hingga kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan dendeng.

3. Untuk membuat bumbu balado, haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.

4. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum dan matang.

5. Masukkan dendeng yang telah digoreng ke dalam wajan, aduk rata hingga dendeng terbalut dengan bumbu.

6. Tambahkan air asam jawa, gula pasir, dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga bumbu merata dan meresap ke dalam dendeng.

7. Masak dendeng balado dengan api kecil hingga bumbu mengering dan meresap sempurna ke dalam dendeng, serta terbentuk lapisan balado yang renyah.


Dendeng balado siap disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat. Rasakan kelezatan daging asin yang gurih dengan rasa pedas yang menggigit.


Kesimpulan:

Dendeng balado adalah hidangan yang menggugah selera dengan perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis. Dengan resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan dendeng balado lezat yang menjadi favorit di meja makan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lezatnya Masakan Spesial Hari Idul Adha: Resep dan Cara Pembuatan yang Menggugah Selera

Resep Tabouleh: Rahasia Segarnya Hidangan Salad Timur Tengah

Resep Hidangan Kebab: Rasakan Kelezatan Timur Tengah dalam Setiap Gigitan